Minggu, 06 Januari 2013

Negara Bagian Wisconsin

Wisconsin adalah sebuah negara Amerika Serikat yang terletak di utara-tengah Amerika Serikat, di Midwest dan Great Lakes daerah. Hal ini berbatasan dengan Minnesota ke barat, ke barat daya Iowa, Illinois di selatan, Danau Michigan di sebelah timur, Michigan ke timur laut, dan Danau Superior ke utara. Wisconsin adalah negara ke-23 dengan total luas dan paling padat penduduknya ke-20. Ibukota negara adalah Madison, dan kota terbesarnya adalah Milwaukee yang terletak di pantai barat Danau Michigan. Negara terdiri dari 72 kabupaten.

Geografi Wisconsin adalah beragam, dengan Highland Utara dan Upland Barat bersama dengan bagian dari Dataran Tengah menempati bagian barat negara dan dataran rendah memanjang ke pantai Danau Michigan. Wisconsin untuk kedua Michigan dalam panjang garis pantai Great Lakes nya.

Wisconsin dikenal sebagai "Amerika Dairyland" karena itu adalah salah satu produsen terkemuka bangsa susu. Manufaktur dan pariwisata juga kontributor utama bagi ekonomi negara.

Wisconsin politik telah seimbang antara Demokrat dan partai Republik. Negara telah memilih calon presiden dari Partai Demokrat sejak tahun 1988. Pada tahun 2010 Partai Republik memperoleh kursi senator AS dan dua kursi di Dewan Perwakilan AS. The Wisconsin State Legislatif dikendalikan oleh Demokrat 1975-1993 dan sejak itu telah bergeser kekuasaan antara dua partai besar. Sebagai hasil dari pemilihan 2012 umum, Partai Republik akan menguasai mayoritas kursi di 60-39 Majelis Negara Wisconsin dan 18-15 kursi mayoritas di Senat Wisconsin State.

Kata Wisconsin berasal dari nama yang diberikan ke Sungai Wisconsin oleh salah satu Algonquian berbahasa kelompok Indian Amerika yang tinggal di wilayah tersebut pada saat kontak Eropa. Penjelajah Perancis Jacques Marquette. Adalah orang Eropa pertama yang mencapai Sungai Wisconsin, tiba pada 1673 dan memanggil sungai Meskousing dalam jurnalnya. ejaan ini kemudian diselewengkan ke Ouisconsin oleh penjelajah Perancis lainnya, dan dari waktu ke waktu versi ini menjadi nama Prancis untuk kedua Sungai Wisconsin dan tanah di sekitarnya. Penutur bahasa Inggris keinggeris-inggerisan ejaan ke bentuk modern ketika mereka mulai berdatangan dalam jumlah besar pada awal abad 19. Ejaan saat ini dibuat resmi oleh legislatif Wisconsin Territory pada tahun 1845.

Sepanjang banyak variasi nya, kata Algonquian untuk Wisconsin dan makna aslinya memiliki keduanya tumbuh jelas. Interpretasi dapat bervariasi, namun sebagian besar melibatkan sungai dan batu pasir merah yang garis tepinya. Salah satu teori terkemuka menyatakan bahwa nama ini berasal dari kata Meskonsing Miami, yang berarti "itu terletak merah," sebuah referensi untuk pengaturan Sungai Wisconsin ketika mengalir dengan batu pasir kemerahan dari lembah Wisconsin. Banyak teori lain juga telah telah banyak dipublikasikan, termasuk klaim bahwa nama berasal dari salah satu dari berbagai kata Ojibwa yang berarti "tempat batu merah," "di mana air berkumpul," atau "batu besar."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar