Sabtu, 26 Januari 2013

Membaca karya Shakespeare tingkatkan kekuatan otak

Kabar baik untuk para pecinta karya Shakespeare. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tulisan Shakespeare mampu meningkatkan kemampuan otak. Bahkan efek terapi yang diberikan tulisan Shakespeare lebih baik dibandingkan buku motivasi.

Psikolog dari Liverpool University menemukan bahwa membaca karya sastra klasik milik pengarang-pengarang lama seperti Bard memberikan efek yang positif pada pikiran.

Melalui scanner, mereka memantau aktivitas otak dari relawan ketika mereka membaca tulisan WIlliam Shakespeare, William Wordsworth, T.S Eliot, dan lainnya. Kemudian mereka menerjemahkan teks dalam tulisan tersebut menjadi teks yang lebih 'langsung' seperti pada kebanyakan tulisan modern.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa prosa yang lebih menantang dan berbau puisi seperti milik para penulis karya sastra klasik mampu meningkatkan aktivitas elektrik pada otak dibandingkan dengan karya yang lebih modern.

Uniknya, mereka menemukan bahwa kata-kata dan struktur kalimat yang rumit dalam novel klasik justru bisa memunculkan 'cahaya' bagi pikiran dan meningkatkan kinerja otak, seperti dilansir oleh Times of India (25/01).

Tak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa membaca puisi mampu meningkatkan aktivitas otak bagian kanan yang berkaitan dengan ingatan autobiografi. Artinya, pembaca mampu merefleksikan pengalaman mereka dan merenung dengan membaca kisah yang ada dalam novel klasik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar